10 Februari 2011

455 Guru Tak Lulus Pendidikan Profesi


Sebanyak 455 orang guru dinyatakan belum layak lulus dalam Pendidikan Profesi dan Pelatihan Guru (PPLG) 2010 di panitia sertifikasi guru rayon (PSG) 15 Universitas Negeri Malang. Ini disampaikan oleh Pembantu Rektor I UM, Kusmintardjo, Senin (29/8).Menurut Kusmintardjo, terlepas dari masih adanya guru yang harus mengikuti ujian ulang tersebut, namun menurutnya, hasil ini memberikan sinyal kemajuan kualitas guru tiap tahunnya. Pasalnya, jumlah tersebut bisa dikatakan lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Tiap tahun, ada kecenderungan jumlah tidak lulus semakin sedikit,” ujar Kusmintardjo, Senin (29/8).
Kebanyakan dari mereka yang belum lulus, dinilai kurang cakap dalam aspek pembelajaran, yang di antaranya meliputi model dan media pembelajaran. Menurut Kusmintardjo, ini sebenarnya ironis, karena aspek itulah yang paling penting dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari.
Para guru yang belum lulus masih diberi kesempatan mengikuti ujian sampai

dua kali. Namun, bila tetap gagal dalam dua kali ujian, pihak UM akan mengembalikan mereka ke Dinas Pendidikan masing-masing.
Hasil dari PPLG ini, kata Kusmintardjo, bisa dilihat di situs resmi PSG rayon 15. Sementara itu, sejumlah peserta PPLG di rayon 15 dikabarkan sempat mengeluhkan kinerja panitia yang lambat dan tak memiliki kalender akademik yang jelas.
Namun, ini dibantah oleh pihak UM melalui situs resmi tersebut. Menurut panitia, variabel kelancaran PLPG sangat banyak, sehingga tidak bisa dibuat seperti sistem akademik yang hanya melibatkan UM dan mahasiswa.n ab
Sumber : SURYA online