27 Februari 2011

Kiat Mendapatkan Dana untuk Kegiatan Internet di Sekolah Keadaan Indonesia



Dalam era baru ini banyak sekolah yang sudah melaksanakan proses Managemen Berbasis Sekolah telah mampu mengatasi permasalahan dana dan solusinya.
Yang penting sekarang adalah bagaimana kepala sekolah dan semua lingkungan sekolah tersebut bekerjasama untuk mencapai pengembangan sekolah yang diinginkan. Kuncinya adalah komunikasi yang terbuka dan transparan.
Jika Anda ingin mengembangkan fasilitas Internet di sekolah maka peralatan seperti komputer dan modem bukan merupakan hal utama. Masalah utama yaitu tersedianya proposal yang rasional dan jelas serta menguntungkan bagi siswa/i
Hal selanjutnya adalah cara mensosialisasikan proposal tersebut kepada semua lingkungan sekolah. Sebaiknya membentuk suatu "Tim Pengembangan Sekolah" termasuk didalamnya adalah wakepsek, guru, siswa/i, BP3, dan tokoh masyarakat.

24 Februari 2011

Contoh Pembuatan Kartu Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 6 SD / MI

Jika anda membutuhkan Contoh Pembuatan Kartu Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 6 SD / MI, anda dapat
mendownloadnya Disini

Cara Membuat PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

PTK adalah  suatu bentuk penelitian atau kajian yang bersifat reflektif  terhadap permasalahan yang situasional dan kontekstual  dengan melakukan tindakan-tindkan tertentu agar dapat memperbaiki dan atau meningkatkan praktk-praktik pembelajaran di kelas secara professional.


Berikut adalah Cara Membuat PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang bisa anda download
Disini

Contoh Pembuatan Kisi-kisi Bahasa Inggris Kelas 6 SD / MI


Contoh Pembuatan Kisi-kisi Bahasa Inggris Kelas 6 SD / MI. silahkan anda download kisis kisi untuk review pembuatan soal


Panduan Cara Membuat Laporan BOS

Bagi kebanyakan guru yang menangani keuangan sekolah, membuat Laporan BOS bukan perkara yang mudah karena dalam pembuatannya harus memperhatikan rambu-rambu yang ada. berikut ini sebagai bahan referensi ada beberapa cara pembuatan Laporan BOS yang dapat anda Download. Disini

18 Februari 2011

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan


Untuk  Standar  Pendidik dan Tenaga Kependidikan sengaja saya letakan dihalaman sendiri agar lebih mudah mengambilnya. Beberapa peraturan tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, antara lain :
Sebagai bahan referensi, untuk Bapak/Ibu Kepala Sekolah, disini saya sediakan juga file mengenai Kompetensi Kepala Sekolah dalam format .doc (words). Untuk mendapatkannya silahkan Bapak/Ibu, Klik Disini !
Untuk File Kompetensi Kepala Sekolah dalam format pdf, Klik Disini !

Akreditasi Sekolah



Sebagai persiapan sekolah dalam mennghadapi akreditasi, saya coba sediakan instrumen maupun bahan untuk akreditasi sekolah. File-file tersebut saya satukan dalam format zip file. Silahkan Bapak/Ibu mendownload dengan mengklik link/tautan dibawah ini :

Persyaratan Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan

sertifikasi guru 1 300x225 Persyaratan Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan

1.. Persyratan Umum
a. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan Nasional yaitu guru yang mengajar di sekolah umum, kecuali guru Agama. Sertifikasi guru bagi guru Agama (termasuk guru Agama yang memiliki NIP 13) dan semua guru yang mengajar di Madrasah (termasuk guru bidang studi umum yang memiliki NIP 13) diselenggarakan oleh Kementerian Agama dengan kuota dan aturan penetapan peserta dari Kementerian Agama. Sesuai Surat Edaran Bersama Direktur Jenderal PMPTK dan Sekretaris Jenderal Departemen Agama Nomor SJ/Dj.I/Kp.02/1569/2007, Nomor 4823/F/SE/2007 Tahun 2007.
b. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
1) bagi yang bukandari guru harus diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
2) bagi yang diangkatsetelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru tetapi memiliki pengalaman formal sebagai guru.

Sertifikasi Guru Tidak Diberikan sampai Pensiun


pensiun 300x295 Sertifikasi Guru Tidak Diberikan sampai Pensiun
Bagi guru yang sudah mendapat sertifikasi, jangan terlalu berbesar hati. Pasalnya, sertifikasi guru tidak akan diberikan secara terus-menerus sampai pensiun. Pemberian dana sertifikasi tidak bersifat permanen kepada guru dan bisa dihentikan.
“Guru yang sudah mendapat sertifikasi, tidak ada jaminan mendapat sampai pensiun,” ujar Ketua Forum Ilmiah Guru (FIG) Batang, Drs Sugito kepada Suara Merdeka CyberNews, Rabu (22/12).
FIG dibentuk secara resmi untuk memfasilitasi guru guna mengembangkan profesionalitas di setiap kabupaten/kota.  Program sertifikasi, kata Sugito, memang dibuat untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan guru guna mendukung peningkatan kualitas dunia pendidikan. Namun,  tidak ada aturan yang mengatur bahwa sertifikasi guru akan diberikan sampai mereka pensiun.
“Tidak ada kata dalam aturan, guru yang sudah mendapat sertifikasi sampai pensiun,” tegas Sugito.
Dia mengatakan, bagi guru yang telah mendapat sertifikasi akan terus dievaluasi. Ini agar kinerja

Alur pelaksanaan Sertifikasi Guru 2011


Ada beberapa guru yang bertanya pada kami mengenai bagaimanaSertifikasi Guru 2011. Memang terdapat perubahan pola pelaksanaannya, dimana sekarang guru bisa memilih apakah melalui pola PSPL (Pemberian Sertifikat Pendidik Secara Langsung, atau yang dikenal dengan verifikasi dokumen), pola Portofolio, atau pola PLPG. Secara nasional kuota guru yang disertifikasi sebesar 300.000 guru, dan hanya 1% yang diberi kesempatan menyusun portofolio atau melalui jalur langsung.
Berikut ini alur pelaksanaannya:
FlowSergu2011 Alur pelaksanaan Sertifikasi Guru 2011

Dengan demikian bisa dikatakan guru akan diarahkan melalui jalur PLPG mengingat hasil evaluasi Balitbang Diknas bahwa kualitas guru yang lulus PLPG lebih baik dari yang lulus melalui jalur portofolio.

Tanya Jawab Seputar Sertifikasi Guru 2011


tanya jawab sertifikasi guru 2011 Tanya Jawab Seputar Sertifikasi Guru 2011Dari sejumlah komentar atau email yang masuk ke kami, ada di antaranya yang perlu diketahui para pengunjung, yaitu yang bersifat umum dan sering ditanyakan. Halaman ini akan kami update terus-menerus seiring adanya pertanyaan atau komentar baru.
1. Tentang PSG
Tanya: Kota/kabupaten mana sajakah yang menjadi wilayah kerja PSG 15?
Jawab: Untuk tahun 2009, wilayah kerja PSG 15 mencakup 11 kota/kabupaten, yaitu: Kota Malang, Kota & Kabupaten Pasuruan, Kota Batu, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kota & Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan.
Tanya: Kalau ingin melihat hasil Penilaian Portofolio atau PLPG untuk peserta dari kota selain itu di mana?
Jawab: Untuk kota selain wilayah kerja PSG 15, harap menghubungi PSG masing-masing. Beberapa PSG menyediakan layanan melalui web, tapi mungkin juga lewat telepon atau datang langsung.
Tanya: Bidang studi apa yang dinilai oleh asesor PSG 15?

Terungkap, Guru Bermasalah Lolos Sertifikasi


Kabid PMPTK Diknas Kabupaten Grobogan, Bambang Margono (hermawan/jurnalberita)
GROBOGAN (Jurnaberita.com) – Kabar dan informasi dari masyarakat mengenai seorang guru di wilayah Kabupaten Grobogan, berinisial Tgh, yang lolos sertifikasi kendati pernah menjalani hukuman lantaran terjerat kasus perjudian dan pernah mendapat sanksi karena tidak disiplin dalam menjalankan tugas, mendapat perhatian serius dari Komisi D DPRD Grobogan.
“Kita mendapat informasi itu dari masyarakat, bila ada seorang guru yang tersandung kasus hokum dan pernah dihukum kasus kasus perjudian bisa lolos sertifikasi. Bahkan, dia juga tidak disiplin saat mengajar mengajar di SMAN I Purwodadi. Di sisi lain, ada guru berkelakuan baik, justru tidak lolos hanya karena sakit,” jelas Ketua Komisi D DPRD Grobogan, Ir H Mukhlisin dalam rapat dengar pendapat (RDP), yang dihadiri Kepala SMAN 1 Purwodadi, Muhono, Kabid Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan, Bambang Margono dan Kasi PMPTK Suradi.

15 Februari 2011

SOFTWARE PENCARI NUPTK


Inilah “mesin canggih” untuk melihat data NUPTK. Selain cepat, juga dapat melihat “nama” PTK secara langsung. Mencari/melihat NUPTK tidak perlu melalui proses “mengunduh” file.
Nah, berikut suatu program yang memiliki banyak kemudahan untuk melihat dokumen NUPTK, namanya NUPTK Web Browser v161.exe.
Kelebihan yang dimiliki program ini adalah
  • tidak perlu meng-instal
  • cepat dan akurat (data yang dicari dengan cepat diketahui karena dan tepat sesuai dengan data yang diharapkan)
  • mengetahui nomor ID Pegawai.
  • biaya murah (dijalankan dengan komputer dari rumah/sekolah)
Bagaimana langkah menjalankan?

1. Unduh file program NUPTK Web Browser v161.exe.

Untuk mengunduh, silakan klik di sini.

2. Pastikan komputer online internet. Klik dua kali file NUPTK Web Browser v1-5W++.exe dengan ikon gambar logo tut wuri handayani.
Hasilnya, berupa tampilan halaman seperti Gambar 1  sebagai berikut:

Gambar 1
Bila tampilan tidak menunjukkan seperti Gambar 1, silakan klik menu “NUPTK Info” pada tollbar komputer .

SOFTWARE TestGuru0.4


Maksud judul postingan saya kali ini ialah membahas satu tools yang berguna untuk menunjang dunia pendidikan. Tools yang bernama Tes Guru, Software ini sangat cocok bagi anda yang berprofesi sebagai guru yang ingin keprofesionalannya diuji. Tes Guru ini adalah sebuah sofwtare yang bersifat freeware dan dikembangkan dari para pengembang di Indonesia, hal tersebut dapat dilihat dari namanya. Aplikasi ini memang sangat bagus terlebih dalam bidang pendidikan.

Fungsi dari Tes Guru ini adalah untuk pendidikan, pengujian ataupun program pelatihan terhadap siapa saja, baik guru ataupun murid.



Nama Software : TestGuru0.4.zip
Ukuran              : 919.79 KB
Download


source : http://diexxx.blogspot.com/2011/02/software-pendidikan.html

DAFTAR SITUS DISDIKPORA SE-INDONESIA

Untuk mengetahui informasi dan sejauh mana perkembangan dunia pendidikan di seluruh Indonesia, apa salahnya kalau kita punya daftar koleksi alamat situs Disdikpora tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Indonesia.
Berikut adalah Situs Disdikpora Se-Indonesia

ALUR SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO


Ini adalah sebuah gebrakan strategis dari Departemen Pendidikan Nasional dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Seperti pedang bermata dua, kebijakan ini dibuat untuk meningkatkan kualitas pengajaran dari guru sekaligus meningkatkan kesejahteraan para guru. Bagaimana tidak, bagi guru yang sudah memiliki sertifikasi tidak hanya mendapatkan gaji di tiap bulannya, pun mendapat bonus tunjangan profesi yang nominal rupiahnya sama dengan gaji bulanan. Inilah hasil implementasi UU no 15/2005 tentang Guru & Dosen
Contoh screenshot Sertifikat Pengajar
Contoh screenshot Sertifikat Pengajar

JADWAL UASBN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

DOWNLOAD POS DAN KISI-KISI UASBN 2010-2011



UASBN tinggal beberapa hari lagi. untuk itu kita wajib mempersiapkan agar UASBN bisa berjlan dengan lancar. Berikut ini adalah Prosedur Operasi Standar (POS) dan Kisi-kisi UASBN tahun 2010/2011, semoga berguna.




DOWNLOAD SILABUS DAN RPP SD



Berikut ini adalah Silabus dan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) semua mata pelajaran untuk tingkat satuan pendidikan SD, semoga berguna. Klik Disini

10 Februari 2011

Pendidikan Profesi Guru mulai tahun 2011


Mulai tahun 2011, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan merintis pendidikan profesi guru. Tujuannya, guru yang nanti lulus memang sudah memenuhi kompetensi sosial, pegagodik, akademik, dan seterusnya.
”Empat atau lima kompetensi itu semuanya bisa disiapkan begitu guru sudah lulus dan dia sudah punya sertifikat sehingga tidak perlu lagi melakukan proses sertifikasi. Dengan sertifikasi itu guru bisa langsung mengajukan,” ujar Mendiknas M Nuh, Rabu (18/8).
Jika dikaitkan dengan distribusi guru yang sekarang timpang, di perkotaan surplus di pedesaan minus, kata Mendiknas, maka memanfaatkan guru yang pensiun dengan mendidik guru dii pendidikan profesi diharapkan tidak menambah mata rantai panjang tentang

455 Guru Tak Lulus Pendidikan Profesi


Sebanyak 455 orang guru dinyatakan belum layak lulus dalam Pendidikan Profesi dan Pelatihan Guru (PPLG) 2010 di panitia sertifikasi guru rayon (PSG) 15 Universitas Negeri Malang. Ini disampaikan oleh Pembantu Rektor I UM, Kusmintardjo, Senin (29/8).Menurut Kusmintardjo, terlepas dari masih adanya guru yang harus mengikuti ujian ulang tersebut, namun menurutnya, hasil ini memberikan sinyal kemajuan kualitas guru tiap tahunnya. Pasalnya, jumlah tersebut bisa dikatakan lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Tiap tahun, ada kecenderungan jumlah tidak lulus semakin sedikit,” ujar Kusmintardjo, Senin (29/8).
Kebanyakan dari mereka yang belum lulus, dinilai kurang cakap dalam aspek pembelajaran, yang di antaranya meliputi model dan media pembelajaran. Menurut Kusmintardjo, ini sebenarnya ironis, karena aspek itulah yang paling penting dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari.
Para guru yang belum lulus masih diberi kesempatan mengikuti ujian sampai

Tidak Lulus Sertifikasi, Puluhan Guru Tuntut UNY

Sejumlah guru dari Bantul akan menuntut Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), karena 28 guru se Kabupaten Bantul yang ikut tes sertifikasi sama sekali tidak ada yang lulus. Bagi mereka ini aneh dan merupakan langkah yang berlebihan.Sehubungan dengan itu, maka 28 guru tesebut bakal menuntut UNY yang dianggap berlebihan. ”Kami dengar mereka akan mengajukan tuntutan ke UNY,” kata Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul, Drs Sahari, Senin (7/2).
Menurut Sahari, rencananya 28 guru akan menuntut Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) karena tidak lulus tes sertifikasi. Bagi mereka langkah ini dianggap berlebihan. Dia menilai lebih baik guru-guru tersebut, melakukan klarifikasi terlebih dahulu dan tidak perlu menempuh jalur hukum.
Meski pilihan menempuh jalur hukum adalah hak individu, namun guru-guru tersebut disarankan menunggu jawaban dari UNY terlebih dahulu. ”Tidak perlu tergesa-gesa, tunggu dulu pernyataan dari UNY, karena keberatan kan bisa disampaikan melalui surat,” jelas Sahari.

9 Februari 2011

Mengenal Lesson Study


Lesson Study pada awalnya diperkenalkan di sekolah dan universitas di Indonesia oleh program kerjasama internasional antara Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2003. Lembaga pendidikan dibawah program kerjasama internasional, IMSTEP, IMSTEP Follow up Program, SISTTEMS, dan PELITA, sudah memfasilitasi guru dan kepala sekolah untuk menerapkan Lesson Study di tingkat menengah dan atas di seluruh Indonesia. Program ini juga telah berhasil meningkatkan kapasitas daerah untuk mendukung Lesson Study di tingkat sekolah.
Lesson Study adalah pendekatan pengembangan profesi guru berbasis sekolah untuk meningkatkan proses belajar mengajar di dalam kelas. Lesson Study adalah pengembangan keahlian menyeluruh untuk merancang dan menerapkan pelajaran agar sesuai dengan kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini menerapkan analisa reflestif guru terhadap pelajaran sehari-hari didalam kelas. Lesson Study telah mengalami pergeseran yang drastis dari paradigma yang berpusat pada guru menjadi paradigma yang berpusat pada siswa seperti yang ada di Jepang.

Proses Belajar Mengajar Tetap Berjalan di Pengungsian


Menteri Pendidikan Nasional Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh meminta agar pemerintah daerah di kawasan bencana Gunung Merapi tetap menjaga semangat belajar anak-anak di tempat pengungsian, dengan kegiatan yang bisa mendorong motivasi. "Kami mengimbau agar pemda di daerah bencana tetap menjaga semangat belajar anak dengan memberikan motivasi kepada anak-anak di pengungsian," kata Mendiknas saat mengunjungi di pos pengungsian SMK Negeri 1 Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/11).
Mendiknas menyatakan, anak-anak dan warga lainnya tidak menghendaki untuk mengungsi, tetapi hal itu harus dijalani karena kondisinya yang tidak memungkinkan.
Karena itu, pihaknya mendorong anak-anak tetap bersemangat agar tidak bosan sekaligus mengurangi trauma akibat bencana.

Jangan Risaukan Permendiknas 24


Sabtu (13/11), Kota apel, Malang, kedatangan Mendiknas Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh untuk melantik Rektor Universitas Negeri Malang (UM) untuk periode 2010-2014 yaitu Prof. Dr. H. Suparno. Turut mendampingi Mendiknas adalah Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc. Masa periode kali ini adalah periode kedua kali Rektor UM tersebut dalam menjalankan tugasnya sebagai Rektor.
Mendiknas mengatakan bahwa UM termasuk termasuk salah satu Universitas besar di Negeri ini, oleh karena itu pemerintah mengucapkan terima kasih kepada UM dan berharap UM bisa meningkatkan prestasi dan manfaatnya diterima masyarakat dengan baik. Tak lupa Mendiknas mengajak seluruh civitas akademika UM untuk mendoakan para pendiri UM terdahulu.
Mendiknas pada sambutannya menyampaikan kepada UM bahwa UM mempunyai tugas khusus untuk menyiapkan guru. “UM punya tugas khusus, yaitu menyiapkan guru yang sekarang dan yang akan datang sebagai prioritas, tetapi bukan berarti tugas lain harus disepelekan. Hal ini karena kita punya 2,7 juta guru, dan masih 1,2 juta guru (57%) yang harus ditingkatkan menjadi lulusan D4/S1. Sisanya harus disertifikasi, belum lagi harus menyiapkan puluhan ribu guru baru”, ungkapnya.

Mendiknas Tandatangani SKB 3 Menteri


Jakarta, 23 Desember 2010, Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat. Guna mendukung pencapaian MDGs bidang kesehatan, maka diperlukan ketersediaan tenaga perawat dan medis yang mencukupi. Pada saat ini terdapat 76 Perguruan Tinggi Kesehatan milik Pemda yang tersebar di beberapa di daerah di Indonesia yang ijin operasionalnya berasal dari Kementerian Kesehatan dan memberikan kontribusi positif dalam pembangunan bidang kesehatan.
Atas dasar tersebut, maka hari ini, bertempat di Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemkokesra), 3 Menteri yaitu Mendagri Gamawan Fauzi, Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih dan Mendiknas Mohammad Nuh, menandatangani Surat Keputusan Bersama tentang Pengelolaan Institusi Pendidikan Diploma Bidang Kesehatan Milik Pemerintah Daerah yang disaksikan oleh Menkokesra H.R. Agung Laksono.

Launching SNMPTN 2011


Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program Sarjana pada Perguruan Tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh Perguruan Tinggi secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.
Berdasarkan rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 30 Oktober 2010, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri dibawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

6 Februari 2011

Tenaga Kependidikan

Tenaga kependidikan adalah tenaga/pegawai yang bekerja pada satuan pendidikan selain tenaga pendidik. Tenaga kependidikan bertugasmelaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan.


A. Standar Kualifikasi Tenaga Kependidikan:
1. Kepala Tenaga Administrasi SD/MI/SDLB
a. Berpendidikan minimal lulusan SMK atau yang sederajat, program studi yang relevan dengan pengalaman kerja sebagai tenaga administrasi sekolah/madrasah minimal 4 (empat) tahun.
b. Memiliki sertifikat kepala tenaga administrasi sekolah/madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah.
2. Kepala Tenaga Administrasi SMP/MTs/SMPLB
a. Berpendidikan minimal lulusan D3 atau yang sederajat, program studi yang relevan, dengan pengalaman kerja sebagai tenaga administrasi sekolah/ madrasah minimal 4 (empat) tahun.
b. Memiliki sertifikat kepala tenaga administrasi sekolah/madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah.
3. Kepala Tenaga Administrasi SMA/MA/SMK/MAK/SMALB
a. Berpendidikan S1 program studi yang relevan dengan pengalaman kerja sebagai tenaga administrasi sekolah/madrasah minimal 4 (empat) tahun, atau D3 dan yang sederajat, program studi yang relevan, dengan pengalaman kerja sebagai tenaga administrasi sekolah/madrasah minimal 8 (delapan) tahun.
b. Memiliki sertifikat kepala tenaga administrasi sekolah/madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah.
4. Pelaksana Urusan Administrasi Kepegawaian
Berpendidikan minimal lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang sederajat, dan dapat diangkat apabila jumlah pendidik dan tenaga kependidikan minimal 50 orang.